Home » » Sejarah Asal kata "Belanda", (Dari Indonesia untuk Netherland)

Sejarah Asal kata "Belanda", (Dari Indonesia untuk Netherland)

Sejarah asal kata Belanda
Sumber gambar: Pusat Informasi beasiswa
 Mengapa orang indonesia menyebut Negara Netherland dengan sebutan Belanda..? Padahal,bisa jadi orang Netherland kalau ditanya tentang Belanda juga bingung untuk menjawabnya..

Orang Netherland didunia Internasional dikenal dengan sebutan Dutch.Nama Dutch ini merujuk pada sebuah bahasa Jermanik barat yang dituturkan oleh 20 juta jiwa diseluruh dunia.

Namun beda dengan masyarakat indonesia yang menyebut orang-orang Netherland dengan sebutan Belanda,malah sebelumnya dengan sebutan Kompeni.

Kata Kompeni ini awalnya berasal dari orang-orang Jawa.Kata Kompeni sendiri berasal dari kata "Compagnie atau Company (perusahaan)" yang saat itu dikenal adalah "Vereenigde Oost Indische Compagnie atau VOC".Perusahaan Charter yang didirikan pada tahun 1602.

Masyarakat pribumi dari orang-orang jawa biasa menyebut kompeni karena susah dan mungkin agak ribet bagi lidah untuk mengucapkan kata Compagnie maka terbiasalah dengan kata Kompeni.

Sementara itu sebutan Belanda sendiri memiliki sejarah untuk rakyat indonesia.Banyak Versi yang menyebutkan awal mula kata Belanda.Ada yang berasal dari kata Holland.Karna Holland pada abad ke-17 adalah wilayah yang sangat populer dan sangat berkembang di negara Netherland.

Kemudian ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa kepopuleran istilah Belanda di indonesia diawali peristiwa Mudzakarah Ulama se-rumpun Melayu.

Ketika itu diadakan tidak jauh dari kota Palembang,tepatnya disekitar daerah Pagar Alam,pada tahun 1650 M (1072 H).Ulama yang berkumpul sekitar 50 orang dari berbagai daerah,seperti dari kerajaan Mataram Islam,Pagaruyung,Malaka dan sebagainya.Tokoh utama pertemuan itu adalah Syeck Nurqodim al Baharudin (Puyang Awak),salah seorang cucu dari Sunan Gunung Jati.

Dari peristiwa Mudzakarah inilah munculnya istilah Belanda sebagai sebutan bagi bangsa Netherland,yang menjadi penjajah ketika itu.Adapun makna kata Belanda,berasal dari kata "Belahnde (belah=memecah, nde=keluarga)."

Dan dengan menyebarnya,istilah Belanda ke seluruh pelosok Nusantara,menjadikan bukti bahwa hasil Mudzakarah tahun 1650 M telah menjadi "Konsensus Nasional".

Ada juga Teori lain yang muncul terkait dengan rambut pirang atau blonde dalam bahasa Inggrisnya dari orang-orang Netherland yang waktu itu menjajah indonesia.Kata blonde tersebut setelah disesuaikan dengan lidah pribumi menjadi Londo,lalu menjadi Belanda.


0 comments:

Post a Comment

Disarankan tidak berkomentar mengandung unsur SARA, SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik, & nama blog). Jika Melakukan hal tersebut kami berhak untuk menghapus komentarnya. Terima Kasih

Random Posts Widgets

Info Pendidikan terkini

Info Sosial Terkini

Postingan Terpopuler Pekan Ini

×
Inan Kito. Powered by Blogger.