Home » , » Perda Sumsel, Kuliah Gratis Diberlakukan

Perda Sumsel, Kuliah Gratis Diberlakukan

Ini merupakan kabar gembira untuk warga Sumatera selatan (Sumsel). etsssss bukan Kulit manggis sudah ada ekstraknya, tapi Perda kuliah Gratis diberlakukan. hehe

kuliah gratis di sumsel
Setelah lama dijanjikan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin akhirnya program kuliah gratis siap dicanangkan mulai tahun ini dengan ditandai peluncurannya pada 20 Mei mendatang.

Kuota awal untuk program kuliah gratis hingga lulus sarjana ini akan ditetapkan sebanyak 2.000 mahasiswa.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Widodo mengatakan, meski dinamakan kuliah gratis namun ada bidang tertentu yang menjadi persyaratan untuk mengikuti program ini.

Program studi yang diprioritaskan adalah ilmu teknik, kesehatan, dan pendidikan. Mengingat ketentuan bagi yang mengambil program tersebut bertujuan untuk meningkatkan sistem pendidikan dan kesehatan di Sumsel. “Direncanakan tahun ini,” ungkapnya, Rabu (22/4/2015). sindonews.com

Pihaknya pun baru saja membicarakan teknis program kuliah gratis ini dengan tiga PTN di Sumsel, yakni Universitas Sriwijaya (Unsri), UIN Raden Fatah, dan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang.

Rencananya, pihak perguruan tinggilah yang akan melakukan seleksi kemudian disetujui oleh gubernur. Bagi yang memenuhi kriteria, maka akan diusulkan untuk mendapatkan program ini.

“Perguruan tinggi mempunyai hak untuk menentukan siapa yang mengambil prodi tersebut melalui jalur masuk ke perguruan tinggi bersangkutan, sehingga berhak mendapat kuliah gratis,” timpal dia. sindonews.com

Widodo menambahkan, selain PT di Sumsel pemerintah akan menggandeng beberapa Perguruan Tinggi (PT) di luar Sumsel bahkan luar negeri. Untuk kerjasama dengan PT di luar Sumsel belum diketahui. Sementara untuk kerjasama dengan perguruan tinggi dari luar negeri dimungkinkan dengan Korea Selatan dan China.

Menurutnya, kerjasama dengan kedua negara ini bertujuan untuk mengembangkan SDM yang nantinya, dan salah satunya dalam persiapan menyongsong terbukanya kran Masyarakat Ekonomi Asean.

“Jika nanti mereka berinventasi di Sumsel, maka SDM tersebutlah yang akan ditarik. Jadi kita menggunakan putra daerah, bukan menarik dari luar,” jelas Widodo. sumber

Untuk launching kuliah gratis ini nantinya akan digelar di Palembang Sprot Convention Centre (PSCC) Palembang sekitar pukul 14.00 WIB. 

Direncanakan akan dibuka langsung oleh Gubernur H Alex Noerdin. Nantinya, setiap perwakilan perguruan tinggi akan diundang, juga tak ketinggalan partisi dan akdemisi yang turut menyaksikan launching tersebut.

Sementara itu, PR I Unsri Prof Anis Saggaf mengatakan, program kuliah gratis ini memang ditunggu masyarakat. 

Pihaknya yakin pemerintah provinsi bisa memenuhi wacana tersebut karena anggaran untuk pendidikan di Sumsel memang cukup besar.  

Sebelumnya saat bertemu dengan jajaran Pemimpin Redaksi MNC Media di MNC Tower, beberapa waktu lalu Gubernur Alex Noerdin membuat gebrakan baru dengan program kuliah gratis hingga lulus menjadi sarjana. 

Program ini akan mulai digulirkan tahun 2015 terhadap sejumlah mahasiswa Sumsel yang berprestasi dan tidak mampu. 

=================================================================
source: http://daerah.sindonews.com/read/992740/190/20-mei-program-kuliah-gratis-di-sumsel-diluncurkan-1429715055


0 comments:

Post a Comment

Disarankan tidak berkomentar mengandung unsur SARA, SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik, & nama blog). Jika Melakukan hal tersebut kami berhak untuk menghapus komentarnya. Terima Kasih

Random Posts Widgets

Info Pendidikan terkini

Info Sosial Terkini

Postingan Terpopuler Pekan Ini

×
Inan Kito. Powered by Blogger.