Home » » Cara Meningkatkan Jumlah pengunjung Blog atau website

Cara Meningkatkan Jumlah pengunjung Blog atau website

Banyak rekan-rekan di forum guru blogger Indonesia bertanya kepada saya dengan pertanyaan seperti ini: "Pak Inan, Bagaimana cara meningkatkan Jumlah pengunjung Blog?". Saya coba menjelaskan ini dengan apa yang saya lakukan.


Cara meningkatkan pengunjung blog
(sumber: Pribadi Inan Kito)
Ya kenapa saya bilang dengan apa yang saya lakukan? Dulu pengunjung Inan Kito hanya beberapa orang per hari mungkin hanya sekitar belasan orang. Kemudian kami melakukan tips cara meningkatkan jumlah pengunjung blog dari berbagai sumber, Alhamdulillah pengunjung blog meningkat menjadi puluhan perhari, ratusan perhari bahkan sekarang menjadi ribuan per hari.

Ya sebenarnya diluar sana banyak yang menulis hal yang sama, intinya hampir sama. Anda dapat melakukannya dengan cara Anda sendiri yang cocok dengan kondisi blog Anda.

Cara meningkatkan pengunjung blog
(sumber: Pribadi Inan Kito)
Inan Kito sendiri meningkatkan Jumlah pengunju
ng blog dengan cara ini, Yang pertama dari CB-blog dan yang kedua dari tips kami sendiri:

Berikut ini 5 Cara Mudah Meningkatkan Pengunjung (trafik blog) versi Help Blogger yang kami kutip dari CB-blogger yang layak bahkan wajib kita coba.

1. Tentukan kata kunci (keyword)
Ketika kita menulis sebuah posting, kita harus memilih kata kunci (atau istilah) yang cocok atau pas buat posting kita. Kita pilih kata kunci atau istilah (term) yang sekiranya dicari user di Google dan posting kita nangkring di posisi teratas, minimal di halaman satu SERP.

2. Gunakan kata kunci di judul posting.
Ini tahap sangat penting dan tentu akan membantu posting dan blog Anda menempati peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Contohnya, judul posting ini juga mencantumkan kata kunci "Meningkatkan  Pengunjung blog".

3. Gunakan Kata Kunci di H2 Tag
Kita harus menggunakan heading tags (H2, H3) di posting blog. Di posting ini misalnya, Inan Kito menggunakan kata kunci "Meningkatkan Pengunjung Blog" di Heading H2 Tag alias "Subjudul" (Subheading). Selalu lakukan hal ini agar posting blog kita mudah terindeks mesin pencari dan ditemukan/dibaca user.

4. Gunakan Kata Kunci di Naskah (Teks)
Kita harus menuliskan kata kunci tersebut di aliea pertama, alinea tengah, dan alinea akhir. Pokoknya, ada di naskah atau isi postingan! Terpenting, ada di paragraf pertama. Jika perlu, ulangi judul posting di bagian awal naskah, seperti posting ini.

5. Tulislah posting lebih dari 300 kata.
Posting yang kurang dari 300 kata (words) punya peluang kecil menempati posisi atas hasil pencarian. Menulis naskah panjang bukan hal sulit bagi Anda yang terbiasa menulis dan/atau menguasai topik tulisan.

Selain kelima cara di atas, Inan kito meningkatkan pengunjung blog dengan cara lain, yaitu:

1. blogwalking dan Promosi di media sosial.
Cara ini memang sangat efektif bisa dilakukan, tapi harus hati-hati melakukan ini. Jangan cuma nyampa atau spam, jadilah anggota forum yang aktif dan memberikan kontribusi positif sehingga orang percaya dan menghargai Anda. Ingat melakukan SPAM, SPAMY dan sejenisnya dapat merusak reputasi blog anda sakit, Bahkan MATI.

2. Buat Konten yang menarik
Pilihlah topik yang menarik dan sesuai dengan kemampuan dan passion anda. Jika Anda seorang Guru pilihlah topik seputar pendidikan, jika anda seorang dokter pilih topik tentang kesehatan dan sebagainya sesuai dengan profesi dan passion anda.

3. Menulis hot isu / trending topik
buatlah artikel atau info seputar trending topik yang sedang terjadi. Jika Anda kesulitan mencarinya silakan intip di mbah google disini

4. Artikel yang bermanfaat
Buatlah artikel yang bermanfaat, seperti di dunia pendidikan tentang isu-isu panas dan masyarakat harus tahu tentang itu.

5. Tambahkan Nemu Share di bawa postingan
Di bawah postingan tambahkan nemu share media sosial seperti Google +, Facebook, twitter dll. hal ini diterapkan oleh inan kito seperti di bawah postingan ini.

www.inankito.blogspot.com*** 


2 comments:

  1. makasih banyak buat infonya,, nice post

    http://goo.gl/vWXcYn

    ReplyDelete
  2. Ohh, jadi kayak gituh yaa gan, baru tau nih saya :)
    Makasih dah gan :)
    http://goo.gl/EyKeXr

    ReplyDelete

Disarankan tidak berkomentar mengandung unsur SARA, SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik, & nama blog). Jika Melakukan hal tersebut kami berhak untuk menghapus komentarnya. Terima Kasih

Random Posts Widgets

Info Pendidikan terkini

Info Sosial Terkini

Postingan Terpopuler Pekan Ini

×
Inan Kito. Powered by Blogger.