Home » , » Rahasia Filandia Menjadi Negara dengan Sistem Pendidikan terbaik

Rahasia Filandia Menjadi Negara dengan Sistem Pendidikan terbaik

Banyak sekali orang-orang penasaran mengapa Negara Filandia bisa menjadi negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik di dunia.

Sebelum kita bahas rahasia filandia bisa menajadi negara dengan sistem terbaik di dunia. sebaiknya kita mengenal dulu negara ini. Finlandia adalah negara di Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia di barat, Rusia di timur, Norwegia di utara, dan Estonia di selatan. Sekitar sepertiga dari wilayahnya terletak di sebelah utara Lingkaran Arktik. Ibukota Finlandia, Helsinki, adalah ibu kota paling utara di benua Eropa.

Rahasia Filandia Menjadi Negara dengan Sistem Pendidikan terbaik

Populasi Finlandia menjadi semakin beragam dalam beberapa dekade terakhir karena imigrasi. Tapi tiga kelompok etnis utama telah lama membentuk komposisi penduduk Finlandia. Mereka adalah etnis Finlandia, Swedia, dan Sami (sebelumnya disebut Lapp). Etnis Finlandia membentuk kelompok terbesar, sekitar 94 persen dari total populasi. Mereka kemungkinan besar berasal dari beberapa kelompok yang bermigrasi ke daerah ini ribuan tahun yang lalu.
Orang-orang berbahasa Swedia membentuk sekitar 6 persen dari populasi, yang mencerminkan kehadiran historis Swedia di Finlandia. Sebagian besar dari hampir 6.000 orang Sami adalah petani dan penggembala rusa yang tinggal di wilayah utara jauh Finlandia yang dikenal sebagai Lapland.Sumber: www.kembangpete.com
Finlandia memiliki sistem pendidikan sembilan tahun, yang dimulai pada usia 7 tahun. Mereka kemudian dapat melanjutkan ke sekolah kejuruan atau sekolah menengah atas selama tiga tahun. Sekolah-sekolah menengah atas dirancang untuk mempersiapkan siswa menuju universitas atau sekolah profesional. Biaya sekolah gratis di sekolah-sekolah tersebut. Ada juga sistem ekstensif untuk orang dewasa dan pendidikan berkelanjutan.
Finlandia adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia dalam berbagai versi, termasuk versi World Economy Forum. Pada tahun 2000, negara ini bahkan berhasil mencapai tingkat Literacy (kemampuan baca) hingga 100 persen, yang artinya tidak ada satupun warganya yang buta huruf. Sumber: http://boombastis.com
Apa Rahasia Filandia bisa menjadi negara dengan Sistem Pendidikan terbaik di dunia?
Setelah Inan kito telusuri dari berbagai sumber ternyata ada 11 Faktor utama yang membuat filandia menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik. Yaitu:

1. Guru / tenaga pendidikan yang berkualitas tinggi
Di negara ini menjadi guru merupakan hal yang sangat terhormat, profesi seorang guru lebih bergengsi dibanding seorang dokter. Tapi mau menjadi seorang guru di negara ini tidaklah mudah. karena guru yang boleh mengajar hanyalah orang yang lulus dari Universitas keguruan, mendapatkan gelar Magister (S2) dan termasuk 10 % lulusan terbaik di kampusnya.

2. Biaya Sekolah Gratis
Semua biaya pendidikan di tanggung pemerintah alias gratis dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Jika mereka sudah lulus dari perguruan tinggi dan merasa perlu untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Siswa diperbolehkan melanjutkan pendidikannya dan pemerintah wajib membiayainya.

3. Gaji Guru Sangat tinggi
Selain menyelenggarkan Sekolah gratis, guru di Filandia di gaji sangat tinggi. Gaji seorang guru di Filandia sekitar Rp. 40.000.000,-

4. Anak-anak umur di bawah umur 7 tahun hanya diperbolehkan main
Anak-anak dibawah umur tidak boleh belajar, mereka hanya boleh menghabiskan masa kecilnya dengan bermain. Negara ini berpendapat dengan bermain otak anak akan tumbuh sesuai dengan perkembangannya. Mereka akan tumbuh menjadi anak yang cerdas, kreatif, bertanggungjawab. Jika belajar di bawah umur 7 tahun akan merusak otak anak.

Sebenarnya negara kita, Indonesia sudah memberlakukan aturan ini. Tapi banyak Play Group (PG) dan taman kanak-kanak (TK) yang menyalahi aturan ini. Padahal di PG dan TK anak-anak hanya diperbolehkan untuk mengenal warna, tertur, bentuk, bernyanyi dan bermain.

Tapi sudah menjadi rahasia umum, TK dan Playgroup di Indonesia secara sembunyi-sembunyi mengajarkan baca-tulis-hitung pada muridnya. Orangtua muridpun seolah bangga jika anaknya bisa membaca dalam usia sedini mungkin, padahal hal itu justru merusak daya imajinasi si anak, yang harusnya menghabiskan waktu untuk bermain. Sumber

5. Anak-anak baru boleh sekolah setelah umur 7 tahun
Di negara ini, tidak akan ada yang menerima murid jika umur murid tersebut belum genap 7 tahun. Semua anak yang berumur di bawah 7 tahun hanya diperbolehkan bermain, tanpa beban untuk sekolah. Hal ini diterapkan karena menurut pemerintah Finlandia, otak anak justru akan rusak jika diberikan pelajaran seperti membaca atau menghitung sebelum usia mereka cukup. Di umur-umur tersebut anak-anak sebaiknya dibiarkan lebih banyak bermain dan mengeksplorasi dunianya.

6. Satu kelas hanya 16 siswa
Di negara Filandia satu ruang kelas hanya boleh terisi 16 siswa saja. Hal ini dapat menciptakan kegiatan belajar dan mengajar yang sangat efektif, tidak berdesak-desarkan di kelas, siswa bebas bergerak dan dapat melakukan ekspirimen dengan leluasa.

7. Belajar di luar kelas lebih sering
Selain di ruang kelas, di negara ini melakukan pembelajaran di luar kelas. Bahkan pembelajaran di luar kelas lebih sering dilakukan. jadi anak dapat mengeksplotasi kempuan eksperimen, meneliti dengan cara melihat, menyentuh dan merasakan lebih baik. tidak hanya teori saja.

8. Ujian atau ulangan, bukan untuk melabeli siswa
Ujian atau ulangan di negara ini hanya dilakukan untuk mengecek sejauh mana anak menguasai materi, dan hasil dari tes bukan dijadikan untuk melabeli siswa pintar dan bodoh. Bukan juga untuk memberikan peringkat pada siswa.
Ujian itu hanya untuk mengecek sejauh mana KBM berhasil, dan gurunya harus memberikan pembelajaran lebih (lebih memberikan fokus ke anak yang masih belum menguasai materi pembelajaran.

10. Guru hanya mengajar 4 jam per hari
Guru profesional di Finlandia juga hanya bekerja selama 4 jam sehari. 4 jam tersebut mereka maksimalkan dengan seluruh kemampuan. Beda dengan guru di Indonesia yang harus mengajar dari pukul delapan pagi hingga sore hari, belum lagi ditambah dengan les-les dan semacamnya. Tentu saja konsentrasi mengajar tidak penuh.

11. Kurikulum yang tidak pernah berubah
Kurikulum yang digunakan oleh Filandia belum perna berubah dari tahun 1970
Negara ini juga memakai sistem pendidikan yang sama sejak tahun 1970.
Nah... bagaimana dengan Negara kita? memang tidak adil jika kita membandingkan negara kita dengan Filandia. Tapi apa salahnya kalau kita membenah sistem pendidikan kita untuk lebih baik lagi dengan berkiblat ke Filandia.

(www.inankito.blogspot.com***)


0 comments:

Post a Comment

Disarankan tidak berkomentar mengandung unsur SARA, SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik, & nama blog). Jika Melakukan hal tersebut kami berhak untuk menghapus komentarnya. Terima Kasih

Random Posts Widgets

Info Pendidikan terkini

Info Sosial Terkini

Postingan Terpopuler Pekan Ini

×
Inan Kito. Powered by Blogger.