Home » , , » Ritual Unik Menjelang Ujian Nasional 2015

Ritual Unik Menjelang Ujian Nasional 2015

Ujian Nasional (UN) 2015 tingkat SMA dan SMP sudah dilaksanakan, SMA pada tanggal 13 April 2015, Tingkat SMP 4 Mei 2015 sedangkan untuk tingkat SD Ujian Nasional yang sering dikenal dengan USBN dilaksanakan pada tanggal 18-20 Mei 2015.

Banyak sekolah-sekolah mengadahkan training motivasi untuk siswa menghadapi, ada juga sekolah yang mengadahkan pengajian dan istighosah memohon kepada Allah SWT untuk memperlancar peserta didik untuk mengikuti unjian nasional.

Tapi Ternyata masih banyak para pelajar yang terdidik masih mempercayai mitos-mitos yang turut menurut sehingga memunculkan Ritual-ritual unik menjelang Ujian Nasional 2015. Yang jelas hal ini kalau dipandang haram oleh sudut agama Islam karena sudah termasuk musryik. Tapi kalu sudut pandang budaya hal ini wajar. Apa saja Ritual unik Menjelang Ujian Nasional yang dirangkum dari okezone.com dan dikutif oleh pendidikan indonesia

1. Ritual brobosan
Ritual ini mengharuskan siswa keluar rumah melalui kolong kaki ibunda. Salah satu siswa di Pamekasan melakukan ritual brobosan sebanyak tiga kali ketika akan berangkat sekolah untuk mengikuti UN. Tujuannya, meminta restu sang ibu agar dia lancar mengerjakan soal.
Filosofi brobosan adalah melalui kedua kaki ibu, seperti yang terjadi saat manusia baru lahir ke dunia. Selain meminta restu, ritual ini dimaksudkan agar si anak memahami pengorbanan hidup mati ibunya.

2. Jampi-jampi pensil
Di Jombang, siswa sebuah madrasah aliyah (MA) menjampi-jampi pensil yang akan mereka gunakan untuk ujian. Tujuannya sama, yaitu mengharapkan kelancaran saat UN karena meski sudah belajar keras, siswa tetap merasa kurang percaya diri.

3. Minum air putih dicampur dengan abu dari kertas yang dibakar usai belajar
Ada juga siswa yang melakukan ritual aneh dengan meminum air putih dicampur dengan abu dari kertas pelajaran yang dibakar usai belajar. Para siswa meminum air itu agar tetap percaya diri saat menghadapi soal UN.

4. Guru basuh kaki siswa dan sungkeman
Ritual menjelang UN ini tidak biasa karena para guru dan orangtua membasuh kaki siswa dan anak mereka. Biasanya, anaklah yang membasuh kaki orangtua. Ritual ini dilanjutkan dengan sungkeman para peserta UN ke orangtua dan guru untuk meminta doa restu agar bisa menjalani UN dengan lancar.

5. Mandi kembang
Siswa di sebuah sekolah melakukan mandi kembang agar siap menghadapi UN. Tetapi, para siswa tidak mengguyur tubuhnya dengan air kembang, hanya membasuh tangan dan wajah mereka. Ritual itu dilakukan setelah semua murid selesai berdoa bersama dan bersalaman dengan kepala sekolah beserta para guru.
Pihak sekolah berdalih, ritual membasuh tangan dan wajah dengan menggunakan air kembang hanya pelengkap dan tidak ada unsur mistis. Diharapkan, dengan mencuci tangan dan wajah dengan air kembang para siswa pun menjadi rileks dan tidak stres.

Nah apakah Anda yang termasuk melakukan ini? Sadarlah sebenarnya pendidikan yang baik itu adalah tidak instan, belajarlah yang giat dari awal masuk sekolah sampai menjelang UN. Insyaallah semua akan lancar.


0 comments:

Post a Comment

Disarankan tidak berkomentar mengandung unsur SARA, SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, minta kunjungan balik, & nama blog). Jika Melakukan hal tersebut kami berhak untuk menghapus komentarnya. Terima Kasih

Random Posts Widgets

Info Pendidikan terkini

Info Sosial Terkini

Postingan Terpopuler Pekan Ini

×
Inan Kito. Powered by Blogger.